8 Tips Penting Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

Mengatasi Laptop Tidak Kuat Nyala Tanpa Bantuan Charger

Membeli laptop second dapat sangat menguntungkan karena dengan budget yang minim kita bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang lumayan tinggi, mengingat harga baru laptop yang terus mengikat.

Namun membeli laptop second juga bisa sangat merugikan karena tidak semua laptop yang dijual second dalam kondisi normal.

Mengatasi Laptop Tidak Kuat Nyala Tanpa Bantuan Charger

Nah kali ini saya akan share tips membeli laptop second agar tidak tertipu.

1. Sesuaikan kebutuhan

Membeli laptop baru maupun second pertama yang pikirkan adalah kebutuhan, apakah buat kerja mengetik, desain, game?. Jika sudah tahu kebutuhan carilah spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lihat model tapi spesifikasi.

2. Cek kondisi fisik laptop

Kondisi fisik laptop tak kalah penting dengan motherboard karena sampai saat ini todak ada penjual casing laptop baru. Adanya casing laptop bekas dan itupun tidak murah. Jadi pilihlah laptop dengan kondisi casing yang masih bagus, tidak ada pecah atau retak. Pastikan juga kalau casing laptop tidak rapuh.

Yang paling mudah cek bagian dekat kipas, dan engsel. Area fisik ini yang paling sensitif. Jika area kipas (ventilasi) sudah rapuh pertimbangkan dulu karena laptop tersebut bisanya bekerja extra.

Untuk mengecek bagian engsel kita bisa lihat pada dekat engsel, jika belum ada modifikasi biasanya engsel tidak bermasalah.

Meskipun sepele, mengganti engsel ini juga tidak murah. Malah ad beberapa kasus engsel tidak bisa diganti karena dudukan yang patah dan akhirnya harus di lem atau ganti casing second.

3. Cek harddisk

Laptop second juga banyak bermasalah di bagian harddisk jadi pastikan kondisi harddisk tidak ada bad sector.

Cara mengeceknya sangat mudah, yaitu memakai software harddisk sentinel. Mintalah ijin untuk install software tersebut ke laptop yang akan di beli. Setelah itu jalankan softwarenya.

Harddisk yang normal, indikator performance dan health 100%. Jangan membeli laptop yang harddisknya kurang dari 100%. Karena harddisk tersebut sudah ada bad sector dan akan semakin memburuk.

Harddisk bagus:

hdd Sentinel

Harddisk yang tidak bagus :

8 Tips Penting Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

Cek juga bagian smart di hdd setinel, karena beberapa pedagang memanipulasi agar harddisk 100% dengan mengganti angka pada menu smart.

Pastikan tidak ada tanda seru pada menu ini.

4. Pertimbangkan baterai

Jika mau mengacu pada prosesor yang kuat hal ini bisa kamu abikan karena bagi beberapa orang baterai laptop tidak terlalu penting yang penting adalah performa atau kecepatan.

Namun ada baiknya jika baterai juga dipertimbangkan karena baterai laptop original sangat mahal.

Hati-Hati juga pada bagian ini karena saya pernah mengalami kasus membeli laptop tanpa baterai dan ternyata laptop bermasalah jika di hidupkan dengan baterai.

Mengatasi Laptop Tidak Kuat Nyala Tanpa Bantuan Charger

5. Cek charger

Apakah charger berfungsi dengan baik, serta tidak nyetrum. Charge yang nyetrum bisanya charger tidak ori dan kualitasnya sangat rendah dan hal ini akan cepat merusak laptop.

Jadi pastikan kalau charger masih ori atau paling tidak kualitas charger hampir sama seperti yang ori. Cara simple untuk mengeceknya sangat mudah yaitu dengan mengangkat dan melihat plastik pada charger, kalau ringan dan palstiknya kasar biasanya charger tidak bagus. Dan sebaliknya charger ori atau berkualitas, plastik lebih halus dan tebal serta lumayan berat.

Penyebab Adaptor atau Charger Laptop Nyetrum

6. Kenal dengan penjual

Prioritaskan membeli pada orang yang kita kenal agar jika terjadi sesuatu kita mudah mengurusnya. Dan biasanya orang yang kita kenal juga tidak mau menjual barang rongsok kecuali tidak tahu.

7. Hindari cod

Jika tidak kenal dengan penjual, sebaiknya datang saja ke lokasi atau rumah penjual laptop agar jika terjadi masalah kita bisa menemuinya dengan mudah.

8. Minta garansi

Mintalah garansi, hal ini bisa kamu lakukan hanya pada pedagang laptop. Jika pada pemakai biasanya mereka tidak mau karena menjual barang apa adanya. Tapi membeli laptop ke pemakai lebih murah.

Itulah tips membeli laptop bekas atau second agar tidak tertipu. Waspadalah

Review Laptop Compaq 510 Laptop Jadul Tapi Ngebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *