Inilah 3 Kekurangan SSD yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika saya mencari kekurangan SSD di internet tak satupun jawaban yang saya dapat, isinya hampir sama semua. Kemungkinan mereka bukan pengguna tapi penulis blog jadi wajar saja kalau isinya hampir sama semua karena bisa jadi dapat informasi dari sumber yang sama pula.

Akhirnya saya ketemu dengan teman yang memiliki jasa recovery harddisk di Semarang dan saya pun langsung bertanya seputar SSD ini.

Dari jawaban beliau memang SSD adalah produk pengganti harddisk yang nyaris sempurna, karena selama beliau menangani data recovery, SSD yang yang masuk belum ada 3 biji. Tapi bukan berarti SSD tidak bisa rusak namun memang teknologi ini masih tergolong baru sehingga penggunanya masih sedikit selain itu pengguna laptop masih suka menggunakan hardik karena lebih murah.

Berikut ini 3 kekurangan SSD menurut pakar recovery harddisk:

1. Harga Mahal

Sama seperti artikel lain, masalah harga masih saya tempatkan menjadi salah satu kelemahan SSD ini. Karena dari segi fungsi SSD sebenarnya sama dengan Harddisk namun SSD memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Sampai saat ini harga SSD masih tergolong sangat mahal bisa 3 bahkan 4 kali lipat dari harga harddisk, namun seiring perkembangan zaman tidak menutup kemungkinan harga akan turun sama seperti harddisk. Dan jika sudah turun maka harga tidak menjadi salah satu kekurangan dari SSD ini.

2. Data tidak bisa dikembalikan

Ketika saya berbincang dengan teman yang sering menangani data recovery harddisk. Beliau berkata bahwa jika SSD rusak kemungkinan kecil data bisa diselamatkan karena SSD hampir sama seperti flashdisk yang menggunakan chip memory untuk menyimpan data. Seperti gambar berikut:

Inilah 3 Kekurangan SSD yang Perlu Kamu Ketahui

Berbeda dengan hardik jika bermasalah data masih bisa diselamatkan asalkan piringan tidak pecah.

3. Belum Teruji

Memang SSD ini adalah pengganti teknologi harddisk jadi secara keseluruhan SSD lebih unggul dari pada hardik. Sampai saat ini memang belum di ketahui kelemahan SSD secara pasti karena walaupun sudah banyak yang tahu nyatanya belum banyak yang menggunakan SSD ini. Mungkin karena harganya yang masih terlalu mahal. Jadi pengguna laptop lebih memilih mengupgrade memori ram untuk meningkatkan performa laptop dari pada mengganti harddisk ke SSD.

Untuk mengetahui kekurangan SSD secara pasti kemungkinan masih membutuhkan 2 sampai 3 tahun lagi.

Ada yang bilang SSD umurnya lebih pendek dari pada harddisk, apakah benar?

Keawetan suatu elektronik tidak bisa dipastikan, banyak sekali faktor yang mempengaruhi mulai dari kualitas produk, intensitas penggunaan dan orang yang menggunakan.

Jadi menurut saya “tidak benar” kalau  SSD memiliki umur yang pendek dari pada harddisk karena secara teknologi SSD lebih bagus dan lebih tahan banting dari pada HDD. Seperti yang kita ketahui SSD ini tidak memiliki komponen yang sangat sensitif seperti piringan yang terdapat pada harddisk jadi jika sedikit terbentur atau jatuh resiko kerusakan sangat sedikit.

Kesimpulan

Kalau mempunyai budget lebih, tak usah khawatir menggunakan teknologi ini karena memang SSD sangat efektif untuk meningkatkan performa laptop. Sangat cocok sekali untuk para gammers, desain grafis atau vidio editor.

Tips Menggunakan SSD

Nah agar SSD lebih awet kita bisa menggunakannya untuk system saja dan untuk menyimpan data kita bisa menggunakan hardik caranya pakai hddcaddy.

Apa itu hddcaddy? hddcaddy adalah alat yang dipasang menggantikan dvd room pada laptop yang berfungsi sebagai slot untuk tambahan hdd atau ssd.

Inilah 3 Kekurangan SSD yang Perlu Kamu KetahuiDengan memasang hddcaddy pada laptop berarti kita bisa mengunakan SSD dan HDD secara bersamaan. Kita bisa menggunakan SSD sebagai sistem dan  HDD untuk menyimpan data atau file, jadi performa laptop bagus dan kitapun tetap bisa memiliki banyak raung penyimpanan yang murah.

5/5 (4)

Berikan Rating

Leave a Comment