Cara membuat halaman utama di WordPress

Cara membuat halaman utama di WordPress – Memang halaman utama pada setelan default WordPress adalah postingan terakhir, hal ini berfungsi untuk memudahkan pembaca mengetahui tulisan terupdate dari sebuah blog.

Akan tetapi ada beberapa blog terkenal yang membuat halaman utama berisi profile (foto) pemilk blog, menu blog dan kategori.

Postingan terakhir pada blog juga dihilangkan namun biasanya ada beberapa blog yang menampilkan sedikit cuplikan postingan terbaru.

Bagi pengguna WordPress yang ingin membuat model blog seperti itu sangatlah mudah. Cukup setting halaman statisnya saja, karena fitur tersebut sudah disediakan oleh CMS WordPress.

Apa manfaatnya? silahka baca Manfaat memiliki halaman utama diblog

Langkah setting halaman satatis di WorrdPress

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit.

Untuk membuat halaman statis di blog, kita harus membuat dua halaman baru terlebih dulu. Berikut tutorialnya:

  1. Buat halaman baru

    Pertama yaitu kita harus membuat dua halaman baru di WordPress, satu untuk halman utama dan satunya untuk halaman post terakhir.Tutorial Wordpress - cara menambahkan halaman di wordpress - menambahkan halaman di wordpress dengan mudah

  2. Setting halaman utama

    Sekarang buat halman utama dengan mengatur halaman statais. Caranya: Settings » A static page » Home page: Pilih halaman utama dan Post page: pilih halaman post terakhir » Save chages.
    Tutorial Wordpress - membuat halaman static di wordpress - cara membuat halaman static di wordpress

  3. Kelola halaman utama

    Setelah selesai membuat halaman utama, sekarang desain halaman tersebut agar berbeda dengan website lain.

    Dengan menggunakan tampilan terbaru wordpress (gutenberg) kita dapat membaut halaman utama dengan sangat mudah, tinggal drag and rop saja sesuai desain yang kita inginkan.Tutorial Wordpress - desain halaman utama di wordpress - cara desain halaman utama di wordpress menggunakan tampilan gutenburg

Manfaat memiliki halaman utama di blog atau Website

Ada banyak manfaat namun 3 manfaat ini yang paling penting, yaitu:

1. Branding sebuah blog

Branding sangat penting dalam mebangun sebuah bisnis, termasuk blog.

Salah satu cara agar blog kita dikenal dan diingat orang adalah dengan cara membuat desain halaman utama yang berbeda dengan blog lain. Mulai dari desain logo, dominan warna, profil dan desain blog.

Nah membat halaman utama menjadi statis adalah pilihan tepat untuk langkah awal dalam brading sebuah blog.

Lihat contoh halaman utama eldya.com

2. Desain sesuai keingingan

Gonta-ganti tema yang berlebihan akan menghabisakan waktu dalam membangun sebuah blog, karena pada dasarnya pengunjung tidak peduli dengan tempalte blog yagn mereka kunungi. Pengunjung hanya butuh informasi yang disajikan serta beberapa tombol navigasi penting.

Desain sendiri halaman utama menjadi solusi yang tepat, karena kita dapat membuat desain sesuai keingingan menggunakan tema apapun. Bahkand theme yang disediakan gratis oleh WordPress, seperti twnty twenty, twenty eleven dan lain sebagainya.

Yang perlu dilakukan adalah memilih tema yang paling simpel, ringan serta memiliki banyak menu custom agar template SEO dan mudah diatur sesuai keperluan.

Template yang pernah saya coba yaitu Generatepress, Icnic Pro, Point dan Astara.

Kamu juga bisa menjajal template WordPress tersebu, karena walapun gratis template memiliki desain yang sangat simple dan powerfull sehingga mudah dikelola dan load blog terasa ringan (bagus untuk SEO).

2. Menyembunyikan post terbaru

Loh pos terbaru ko malah disembunyikan min? baca dulu……

Manfaat meyembunyikan post terbaru yaitu untuk mempersulit orang yang ingin mecopas blog (mata mata) karen harus cek artikel di setiap katogori satu persatu. Cukup melelahkan….

Namun menyembunyikan post terbaru di halman utama kurang cocok untuk blog artikel, seperti blog cerpen blog pribadi dan semacamnya…

3. Memudahkan pengguna blog

Pengunjung blog “asli” akan lebih terbantu dengan halman satis ini kerena artikel yang ditulis di blog dapat dicari secara spesifik dengan sangat mudah.

Contohnya jika kita membuat blog tentang android. Pada halaman post dapat menampilkan kategori spesifik dari bahasan tersebut seperti kategori, Xiaomi, Samsung, aplikasi dan lain sebagainya.

Jika pengunjung blog memang mencari informasi tentang android, menu kategori yang berada halaman statis lebih berguna dibandingakan postingan terbaru, karena belum tentu postingan terbaru adalah informasi yang dicari oleh pembaca blog.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *