Cara memperluas jaringan WIFI

Halo gais, kali ini saya akan share tutorial bagaimana cara memperluas jaringan WIFI dari rumah tetangga kita atau memperluas jaringan WFI kita sendiri untuk disebarkan ke rumah tetangga.

Sebenarnya, ada banyak sekali cara bagaimana memperluas jaringan WIFI. Berikut ini caranya:

1. Menggunakan kebel LAN (UTP)

Cara Menyebarkan Sinyal Wifi Tetangga

Pastinya semua pengguna internet tahu metode ini. Cara ini sangat efektif digunakan pada jarak kurang lebih 100 M. Diluar jarak tersebut biasanya sinyal internet tidak dapat terhubung.

Jika kamu menggunakan cara tersebut pastikan menggunakan kabel LAN yang paling bagus, karena faktor utama yang mempengaruhi sinyal adalah kabel LAN.

Kelebihan menggunakan kebel LAN ini yaitu pemasangan-nya yang tidak ribet, kita tinggal menghubungkan kabel LAN ke router. Kita dapat memasangnya sendiri dengan mudah.

Kekurangannya yaitu, jarak dan Bandwidth terbatas, tidak direkomendasikan untuk membawa Bandwidth besar jika jarak jauh.

2. Menggunakan kebel FIBER (UTP)

Cara Menangkap Sinyal Wifi

Yang kedua yaitu menggunakan kabel fiber optik. Cara ini sangat cocok untuk mendapatkan sinyal WIFI yang jaraknya lebih dari 150 Meter bahkan kita dapat menggunakan kabel ini dengan jarak 25 KM lebih.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, kondisi jalur kabel yang dilalui, karena kabel fiber ini sangat sensitif. Melintir atau kabel terketuk maka kabel akan putus karena terbuat dari serat kaca.

Jadi pemasangan kabel sebaiknya dilakukan oleh ahi jaringan atau orang yang sudah tahu teknis-nya.

Jika kamu menggunakan kebel fiber, kamu juga menggunakan sepasang media converterjadi ada biaya lebih untuk membeli converter tersebut.

Artikel Terbaru  Cara mengganti MAC Address HP Xiaomi

3. Menggunakan Antena AP dan Client

Cara Menagkap Sinyal Wifi Jarak Jauh

Antena AP adalah antena-untuk menyebarkan sinyal yaitu berada di pusat WIFI dan antena Client adalah untuk menangkap sinyal yang berada di rumah client.

Cara ini digunakan oleh pada pembisnis RT/RW net untuk menyebarkan sinyal ke rumah-rumah klient tanpa pengunakan kebel.

Meskipun memiliki banyak keunggulan daripada menggunakan kebl LAN/fiber, akan tetapi menurut saya cara ini hanya bisa dilakukan oleh profesional saja karena membutuhkan modal yang banyak serta alat-alat khusus.

4. Menggunakan Repeater

Cara Memperluas Sinyal Wifi Dengan Repeater

Modelnya sebenarnya sama dengan menggunakan antena AP dan Client, akan tetapi dengan radius jankgauan yang lebih pendek.

Jika kamu ingin memperluas jaringan di rumah tetangga yang tidak terlalu jauh kamu bisa menggunakan cara ini. Selain pemasangan-nya mudah alat yang digunakan juga cukup murah.

Contohnya: Rumah kamu mendapatkan sinyal WIFI dari tetangga kamu hanya 1 bar saja bahkan kadang hilang. Nah menggunakan repeater cara paling mudah dari pada ke 3 cara diatas.

Cukup memasang repeater dirumah kamu dan ikuti petunjuk setting dari alat tersebut, maka kamu dapat menikmati internet dengan lancar.

Kamu bisa memperluas sinyal sampai jarak terteuntu dengan cara menambahkan beberapa Repeater untuk jembatan sinyal.

Alat Repeater

Banyak sekali repeater yang dijual, contohnya seperti Tenda A9, Mi WIFI extender (produk xiaomi), Tplink Repeater dan lain sebagainya.

Bahkan, jika kita memiliki router tidak terpakai kita juga dapat menggunakan router tersebut untuk memperluas sinyal WIFI.

Cara kamu bisa membaca artikel yang sebelumnya kita tulis Cara setting Router Tenda lewat HP untuk nembak WIFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *