bagaimana cara mengetahui artikel sudah terindex di google atau belum

Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google

Bagaimana cara mengetahui artikel blog yang kita buat sudah terindex di Google

Artikel blog yang baru terbit di halaman post blog tentu tidak langsung muncul di pencarian Google. Google perlu waktu untuk megindeks sebuah halaman. Apalagi blog yang belum memiliki cukup umur, biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding blog yang sudah lama dan terkenal.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan agar artikel pada blog baru bisa terindeks di Google biasanya lebih dari tiga hari bahkan bisa sampai satu minggu atau lebih.

Faktor Kecepatan SERP Google

SERP adalah Search Engine Results Page atau hasil halaman yang ditampilkan oleh search engine. Setiap blog mempunyai kecepatan SERP yang berbeda.

SERP tidak sama dengan SEO. SEO adalah aktivitas untuk memaksimalkan hasil SERP suatu blog di mesin pencari.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan SERP di Google:

1. Umur blog

Umur blog berbeda dengan umur domain. Sudah bisa dikatakan blog jika sebuah domian memiliki hosting dan konten.

Nah blog lama jika posting artikel baru ebih cepat terindeks di mesin pencari Google ketimbang blog baru.

2. Aged domain

Aged domian (domain yang berumur lama) juga mempegaruhi kecepatan SERP di Google. Domian lama ini biasnaya di apat dari domian orang yang sudah tidak terpakai (expired) yang diperpanjang kembali oleh orang lain.

Alasanya domain lama biasnaya sudah memiliki backlink dan domian authority di Google.

3. Domain dan Page Authority

Selain domain yang sudah berumur, memiliki domain authority dan page authority yang bagus juga sangat di sukai Google. Sehingga artikel yang kita buat akan cepat tampil dan bisanya kan cepat ke halaman utama pencarian.

untuk cek domain dan page authority  bisa melalui: https://www.prepostseo.com/id/domain-authority-checker

4. Konten blog

Konten yang lengkap dan bagus memiliki kesempatan tampil dipencarian Google dengan cepat. Selain memiliki SERP yang cepat konten yang bagus juga bisa tampil di halaman utama pencarian Google serta tahan lama.

5. Template dan kecepatan load halaman

Blog yang memiliki template yang ringan dan skema yang bagus akan mendapat nilai plus di mata Google. Untuk pengguna Blogger cukup memaksimalkan kecepatan template dan konten saja karena sudah berada di hosting Google.

Untuk pengguna WordPress atau self hosting selain memilih template template yang ringan juga harus memilih penyedia hosting yang cepat.

6. Algoritma google

Setiap hari mesin pencari Google terus dibenahi, jadi masih banyak faktor lain yang dapat memengaruhi cepat atau lambatnya blog terindeks di pencarian Google.

Cara mengetahui artikel blog sudah terindeks di Google

Sebenarnya tanpa di cek atau diminta Google akan menampilkan sendiri artikel yang kita tulis di blog. Bahkan Google akan memerikan bonus page one jika artikel yang kita buat sesui dengan keinginan Google.

Namun jika kita ingin mengecek pakah artikel yang kita tulis sudah terindeks atau belum, bisa menggunakan 3 cara ini:

Penting: Untuk mengecek SERP di pencarian Google selalu gunakan incognito window agar lebih akurat. Lokasinya biasanya berada di bawah new tab.

1. Cek dengan judul yang sama persis

Copy dan pastekan judul yang kita buat kedalam pencarian Google. Seperti ini:

Tutorial Wordpress, tutorial blogger, Seo - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google

Jika sudah tampil artinya artikel sudah bisa bersaing dengan blog lain. Namun kalau belum terlihat di Google bisa menggunakan cara berikutnya.

Pada contoh diatas artikel ternyata belum terlihat di pencarian Google

2. Menggunakan url halaman blog

Masukkan url halaman blog ke pencarian Google seperti contoh berikut ini:

Tutorial Wordpress, tutorial blogger, Seo - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google

Walaupun sudah menggunakan permalink atau url blog, ternyata memang halaman belum terlihat di mesin pencari google karena memang baru beberapa menit setelah arikel ini saya buat dan saya cek.

3. Menggunakan “site:”

langkah pengecekan terakhir menggunakan “site:” sebelum url halaman artikel. Lihat gambar dibawah ini:

Bisa juga masukkan si ke pencarian “site:halaman utama” contoh: site:eldya.com

Tutorial Wordpress, tutorial blogger, Seo - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google

Dari keterangan yang berada di gambar ternyata memang google belum mengindeks halaman. Kalau blog baru memang butuh beberapa hari agar halaman baru terindeks di pencarian namun kita bisa meminta perayapan secara manual.

Bagaimana caranya? Baca artikel dibawah ini:

Cara Membuat Artikel Baru Cepat Terindeks Google (Kurang dari 1 Menit)

Setalah beberapa hari saya menulis di pencarian Google “Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google” akhirnya muncul di halaman utama Google walupu tidak di nomer satu.

Tutorial Wordpress, tutorial blogger, Seo - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google - Cara mengetahui artikel blog sudah terindex di Google

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *