cara menampilkan ruler di halaman microsoft word

Cara menampilkan ruler di Microsoft Word (100% berhasil)

Adanya ruler pada halaman Microsoft Word sangat membantu pengguna dalam mengatur format dokumen seperti surat-menyurat, makalah atau skripsi.

Dengan tampilnya ruler di halaman Word, user dapat mengatur indent, margin dan kolom secara manual.

Karena sebagian orang memang sangat tergantung dengan ruler yang ada di atas dan samping halaman Word. Namun tak jarang tiba- tiba menghilang di halaman MS Word.

Bisa dikarenakan user tidak sengaja memecet tombol atau memilih menu yang salah. Bisa juga user baru saja install software Microsoft Word ini.

Pada Microsoft Word 2016 secara defalut memang ruler tidak langsung tampil setalah instalasi kalau tidak di tampilkan secara manual.

Namun cara menampilkannya sangat mudah yatu masuk ke masuk ke menu View kemudian centang ruler.

Langkah menampilkan penggaris di halaman Microsoft Word

Caranya sangat mudah sekali. Pada halaman kerja Microsoft Word pilih menu View » centang Ruler.

Seperti contoh gambar berikut ini:

tutorial ms word - Cara menampilkan ruler di Microsoft Word (100% berhasil) - Cara menampilkan ruler di Microsoft Word (100% berhasil)

Contoh di atas menggunakan Microsofr Word versi 2016.

Cara merubah satuan Inch ke Cm di ruler Microsoft Word

Setelah penggaris muncul kemudian kita perlu merubah satuan Inch ke Cm. Caranya:

1. Arahkan kursor di area atas halaman » kemudian klik kanan mouse. » Setelah klik kanan pilih Customize Quick Access Toolbar….

2. Setelah muncul box word option » Pilih Advanced» Scroll kebawah sampai ketemu menu Display » pilih satuan Centimeters» OK.

Tutorial lengkap beserta gambar baca Cara merubah ukuran Inchi menjadi Cm di Microsoft Word

Fungsi dan nama tools yang ada di ruler

Ruler pada word bisa digunakan untuk mengatur paragraf secara manual berikut keterangan dari masing-masing itemnya:

tutorial ms word - Cara menampilkan ruler di Microsoft Word (100% berhasil) - Cara menampilkan ruler di Microsoft Word (100% berhasil)

1. Batas margin

Mengatur batas margin dengan menyeret ke kanan maupun ke kiri. Kita mengatur margin halaman kiri kanan dan atas bawah.

2. First line indent

Fungsinya untuk membuat baris pertama paragraf menjorok ke dalam. Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 2 ke kanan.

3. Hanging Indent

Fungsinya untuk membuat tulisan menjorok kedalam setelah baris pertama pertama paragraf. Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 3 ke kanan.

4. Left Indent

Fungsinya untuk membuat semua tulisan dalam 1 paragraf kedalam. Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 4 ke kiri atau ke kanan.

5. Left Tab

Fungsinya untuk membatasi tab yang kita tekan, jadi kita bisa menentukan tab berhenti sesuai left yang kita pasag di ruller. Cara memasangnya kilik di area ruller sampai munjul icon (L), jika sudah muncul icon L berarti fungsi tab akan berhenti di icon L yang kita pasang.

6. Right Indent

Fungsinya untuk membuat semua tulisan dalam 1 paragraf kedalam (kiri). Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 5 ke kiri.

Itulah cara memunculkan ruler atau penggaris di Microsoft Word serta sedikit keterangan fungsinya. Jika masih ada kekurangan silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *