Mengatasi Laptop Tidak Kuat Nyala Tanpa Bantuan Charger

Singkat cerita, saya membeli laptop jadul normal tapi tanpa baterai. Pada saat membeli laptop saya sendiri tidak curiga karena memang sudah hal biasa kalau laptop jadul kebanyakan baterai dilepas dikarenakan baterai laptop sudah rusak.

8 Tips Penting Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

Setelah saya beli, kemudian saya membelikan baterai baru agar laptop bisa dipakai tanpa nancep di listrik. Setelah baterai dimasukkan ternyata laptop tidak bisa di hidup. Kemudian saya charge baterai laptop sampai penuh dengan keadaan laptop mati agar pengecasan lebih sempurna.

Setelah baterai penuh, charger langsung saya cabut tombol power saya tekan dan ternyata laptop masih tidak bisa nyala. Akhirnya charger saya tancapkan lagi kemudian laptop saya hidupkan dan ternyata laptop bisa hidup dengan normal, terus charger coba tak cabut ternyata laptop tetap hidup.

Kesimpulan Kerusakan

Berarti jika ingin menghidupkan laptop dengan baterai harus dipancing terlebih dahulu menggunakan charger, baru kemudian laptop bisa hidup normal seperti biasa. Intinya jika hanya menggunakan baterai laptop tidak kuat nyala pertama kali.

Mengosongkan Baterai Laptop

Saya mencoba cara pertama untuk mengecek baterainya baermasah apa tidak, yaitu dengan cara mengosongkan arus listrik pada baterai. Laptop saya hidupkan sampai baterai habis dengan settingan laptop tidak sleep saat dibiarkan.

Setelah baterai laptop 0%, dengan keadaan mati laptop saya charge sampai baterai penuh. Setelah baterai penuh kemudian saya mencoba menghidupkan laptop dengan charger terlepas. Ternyata sama, laptop masih tidak nyala dan harus menggunakan pancingan charger terlebih dahulu.

Motherboard Bermasalah

Setelah baterai di cek dan keadaan masih sama, kasus di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa yang rusak bukan baterai laptop baru tapi pada motherboad.

Pada kasus seperti ini yang rusak ada pada IC laptop dan saya coba langsung mengecek IC Vcore. Setelah dicek memang ada masalah IC sudah lemah dan harus diganti.

Mengatasi Laptop Tidak Kuat Nyala Tanpa Bantuan Charger

Setelah IC diganti ahirnya laptop hidup dengan normal, bisa dihidupkan dengan baterai saja. Berarti masalah terletak bukan pada baterai tapi pada ICnya, jadi jika kamu mempunyai kasus yang sama bisa jadi bukan baterai tapi ICnya.

Untuk mengganti IC kamu bisa ke tempat servis laptop terdekat atau bawa saja ke ELDYACOM. Karena mengganti IC harus membongkar laptop dan menggunakan alat dan pengetahuan khusus.

Tempat Service Laptop Jepara Terbaik dan Bergaransi

5/5 (2)

Berikan Rating

Leave a Comment