Penyebab Adaptor atau Charger Laptop Nyetrum

adaptor nyetrum

Orang yang sampai halaman ini pasti pernah merasakan sengatan listrik dari adaptor atau charger laptop. Bener kan?

Pertanyaannya apakah memang adaptor laptop itu bisa nyetrum orang atau tidak?

cara mengatasi charger laptop nyetrum

Secara teknis adaptor laptop tidak nyetrum karena charger laptop menggunakan arus DC yang hanya dialiri listrik kurang lebih 19 volt. Semestinya energi listrik yang di hasilkan sangat kecil sehingga listrik tidak dapat mengalir pada tubuh kita saat kabel atau jack kita pegang.

Lalu Kenapa ko Kita Bisa Kesetrum Charger Laptop?

Ada banyak kemungkinan jika kita pernah tersengat listrik adaptor laptop, bisa disebabkan karena faktor adaptornya dan juga bisa di sebabkan karena kesalahan pengguna. Nah berikut ini beberapa faktor atau penyebab adaptor bisa nyetrum.

1. Charger tidak original

Coba di cek apakah charger yang digunakan original apa tidak? jika tidak memang hal ini penyebabya. Kasus ini yang sering terjadi, kenapa? karena charger bajakan biasanya ada beberapa rangkaian yang tidak lengkap sehingga arus yang keluar menjadi kasar atau tidak stabil.

2. Charger rusak

Charger rusak tidak hanya mati tapi bisa nyetrum orang, jadi jiaka charger terlalu parah nyetrumnya silahkan ganti dengan charger original baru.

3. Tangan basah dan menempel di lantai

Adaptor laptop mengandung arus listrik yang sangat kecil makanya jika kita pegang jacknya tidak akan ada sengatan listrik karena arus tidak sanggup mengalir pada tubuh kita.

Lain halnya jika tangan kita basah dan kaki menempel di lantai tanpa alas, kondisi ini akan membuat arus lebih gampang mengalir ke tubuh kita dan listrik menjadi terasa menyengat saat kita pegang jack adaptor.

4. Terkena bagian sensitif

Telapak tangan termasuk bagian kulit tebal dan kurang begitu sensitif, jadi arus yang mengalir dari adaptor normal tidak akan terasa jika di pegang menggunakan tangan.

Arus listrik pada adaptor laptop akan terasa jika terkena bagian anggota tubuh yang sensitif seperti siku, kuping atau lidah. Jika tidak percaya silahkan dibuktikan.

Mengatasi Laptop Tidak Kuat Nyala Tanpa Bantuan Charger

Tidak hanya adaptor laptop saja. Tapi charger hp, adaptor tv atau elektronik lain normalnya memang tidak nyetrum. Kita bisa kesetrum jika dalam kondisi seperti diatas.

Memang kesetrum charger tidak sama seperti kesetrum listrik AC 220 namun sebaiknya hati-hati, apalagi dirumah ada anak kecil, anak kecil kulitnya lebih tipis dan sensitif. Selain itu resiko dimasukkan kemulut juga lebih besar jadi jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *