Penyebab Laptop Mendadak Lemot adalah Harddisk Rusak (Bad Sector)

hdd Sentinel

Seperti biasa di waktu senggang  saya ingin berbagi pengalaman tentang dunia komputer, khususnya tips dan kasus yang terjadi pada laptop. Nah, kali ini admin akan membahas penyebab paling banyak laptop tiba tiba menjadi lelet.

Banyak sekali pelanggan yang memiliki laptop lelet dan minta di install ulang OS nya, karena kebanyakan orang berfikir kalau laptop yang lelet itu karena sudah lama tidak di install ulang dan mereka mengira kalau setelah di install masalah akan selesai.

Ada beberapa pelanggan yang “bisa” install OS laptop sendiri, tapi setelah install ulang masalah tidak selesai, laptop tetap lelet dan malah semakin parah. Akhirnya mereka membawa ke konter kami karena tidak tahu cara mengecek kenapa laptop lelet meskipun sudah di install ulang.

Laptop Tetap Lelet Setelah di Install Ulang

Berdasarkan pengalaman, ternyata kebanyakan kasus lelet diakibatkan oleh performa harddisk yang tidak bagus lagi atau bad sector pada harddisk. Sebenarnya kamu bisa mengeceknya sendiri mengunakan software harddisk sentinel. Tinggal download dan install softwarenya dan jalankan.

Harddisk yang normal akan tertera di indikator performance 100% dan health 100%. Seperti gambar berikut:

hdd Sentinel

Harddisk yang tidak normal indikator kurang dari 100%. Semakin sedikit persentase maka harddisk semakin lelet. Bahkan biasanya harddisk sudah tidak bisa dipakai jika indikator kurang dari 70%. Seperti ini :

Bad sector

 

Harddisk yang kurang dari 80% ini sangat lelet, lama banget untuk membukanya dan performa terus menurun.

Mungkin kalau masih di atas 80% harddisk masih bisa digunakan namun terasa lambat dan tidak bisa digunakan pada laptop gaming. Berdasarkan pengalaman jika harddisk kurang dari 100% tidak akan kuat untuk game, kalupun kuat grafik tidak lancar, patah patah atau ngelag. Tapi untuk software biasa bisa lancar.

Inilah 3 Kekurangan SSD yang Perlu Kamu Ketahui

Ada beberapa pelanggan konsultasi dan membawa laptop nya yang tiba-tiba macet buat main game padahal kalau buat aplikasi besar lain tidak masalah. Setelah di cek ternyata harddisk health kurang dari 100%. Setelah saya jelaskan kalau harddisknya bermasalah atau bad sector tapi orangnya seolah tidak percaya karena buat menjalankan aplikasi besar itu masih lancar banget. Dan saya pun bilang kalau tidak di ganti laptop semakin lemot. Kurang dari dua minggu orangnya balik lagi dan mau ganti harddisk. Setelah harddisk diganti masalah selesai.

Memang ada beberapa kasus lain yang membuat laptop tiba-tiba lemot dan bukan karena harddiksnya yang rusak tapi karena ada masalah pada motherboard atau ramnya. Namun kasus tersebut sangat sedikit dan jarang sekali karena kalau ada masalah pada motherboard biasanya laptop tidak hanya lelet tapi bisa mati total.

Kesimpulan

Sebelum mengatasi masalah pastikan kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar tidak membuang waktu. Seperti saat ini kamu mengalami permasalahan laptop yang tiba-lelet. Sebelum di install ulang cek harddisk terlebih dahulu, apakah kondisinya 100% normal apa tidak. Jika kurang dari 100% saatnya kamu mengganti harddisk dan memindahkan data ke harddisk baru. Karena harddisk yang mengalami bad sector ini akan terus menurun performanya. Jika data tidak segera di pindah siap-siap kamu akan kehilangan data kalau memang terjadi bad sector.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *