Quran in word terbaru

Download Quran in Word terbaru 3.0 support semua Office

Assalamualaikum. Quran in Word merupakan aplikasi Al-Quran offline untuk laptop yang langsung terhubung pada Microsoft Word atau bisa disebut “Plugin (Add-ins)”.

Dengan “software” Quran in Word ini kita dapat memasukkan Ayat-Ayat suci Al-Quran ke Microsoft Word dengan sangat mudah tanpa menulis dengan keyboard atau download dari internet.

Baca juga Cara menulis huruf Arab di WhatsApp

Plugin Al-Quran di Word ini juga dilengkapi dengan terjemahan 5 bahasa yaitu: Bahasa Arab, Inggris, Malaysia, Swedia dan bahasa Indonesia.

Selain itu aplikasi Al-Quran ini juga memiliki 5 versi tafsir yaitu: Tafsir bahasa Inggris (Tafeem-Maudui), tafsir Jalalayn, tafsir ringkas KEMENAG dan tafsir lengkap Departemen Agama.

Fitur-fitur tersebut tentunya sangat membatu pengguna untuk menulis Ayat-Ayat suci Al-Quran untuk berbagi keperluan, seperti: pembuatan skripsi, makalah dan keperluan cetak lain.

Aplikasi Quran untuk Word ini dapat berjalan di Windows 10 maupun Windows 7 dan tersedia untuk Office semua versi. Dari mulai Office 2007, Office 2010, Office 2016 sampai Office 2019 saat ini.

Untuk yang sudah tahu cara menggunakan aplikasi Al-Quran laptop ini langsung saja download file di sini:

Download Quran in Word terbaru

Quran in Word merupakan aplikasi gratis tanpa iklan yang menurut saya sangat bermanfaat. Agar dapat digunakan, unduh aplikasi sesuai bit dan Microsoft Office yang terinstal di laptop.

Microsoft Office 2010, 2013, 2016 dan 2019

Microsoft Office 2007

Cara instal Quran in Word yaitu sama seperti instal aplikasi pada umumnya. Yaitu, klik 2 aplikasi dan next sampai finish. Akan tetapi jika belum pernah instal silahkan langkah berikut:

Cara install Quran in Word

  1. Pertama, tutup Microsoft Word
  2. Klik 2 kali aplikasi Quran yang sudah di download
  3. Kemudian Ok » Ok » Next » Install » sampai Finish
  4. Selesai, sekarang kita buka Word dan cari aplikasi tersebut di Add-ins Word. Jika sudah muncul, aplikasi tulisan Arab untuk Microsoft Word siap digunakan.

Jika berhasil tampilan pada Office 2016 akan tulisan Arab “Alquranulkarim” seperti ini:

Tulisan alquran di office 2016

Masalah:

Setelah selesai Install ternyata beberapa pengguna yang mengalami kasus Quran in Word tidak Muncul di Word, ini solusinya.

Mengatasi Quran in Word tidak muncul di Word

Berikut dua kasus yang sering mengakibatkan Quran in Word tidak muncul walupun sudah di instal. Kasus ini bisa terjadi pada Microsofof Word versi 2007, 2010, 2016 dan 2019.

#1. Bit aplikasi tidak sama dengan bit Office

Aplikasi Al-Quran digital pc offline ini memiliki dua bit yang berbeda, yaitu 32 bit dan 64 bit. Jika Office yang kita gunakan adalah 32 bit maka aplikasi yang kita install harus 32 bit pula dan sebaliknya.

Jika salah maka plugin Quran ini tidak akan muncul di office walaupun sudah di install, maka dari itu ketahui bit Office yang digunakan terlebih dulu sebelum install aplikasi. Caranya:

Buka File » Account » pilih about Word » Akan muncul tabel informasi bit yang ada di tulisan paling atas.

cara mengetahui bit word

#2. File Quran in Word di terhapus Anti Virus

Setelah instal Quran in Word laptop dan muncul notifikasi dari antivirus yang menganggap Quran in Word adalah virus abaikan saja, jangan di bersihkan atau di remove.

Hal ini terjadi karena Quran in Word merupakan aplikasi yang jarang sekali diperbarui sehingga ada beberapa bug yang dianggap virus oleh Ani Virus.

Jika terlajur terhapus oleh antivirus, solusinya yaitu Uninstal aplikasi dari control panel kemudian install lagi aplikasi dan jangan lupa matikan Antivirus sementara.


Cara menggunakan Quran in Word

Bagi yang belum tahu bagaimana cara memunculkan huruf Alquran menggunakan plugin Quran in Word silahkan simak penjelasan berikut ini.

Untuk menggunakan aplikasi Quran Mirosoft Word ini kita harus pilih menu “Alquranulkarim” terlebih dulu agar semua fitur terlihat, selanjutnya ikuti langkah di bawah ini:

  1. Tentukan dulu surah dan ayat yang mau kita munculkan di Word
  2. Centang Ayah Quran dan centang juga Translation untuk menampilkan terjemahan
  3. Pilih Bracket untuk menampilkan tanda kurung ( ) dan Mark Ayah untuk menambahkan pembatas Ayat Al-Quran.
  4. Pilih terjemahan serta model font yang akan ditampilkan
  5. Untuk menampilkan Ayat Al-Quran yang kita pilih sebelumnya pilih Write to Document maka Ayat Al-Quran beserta terjemahan otomatis akan muncul di halaman Microsoft Word.

Sampai di sini kita beisa edit, menghapus dan menambahkan Ayat sesuai kebutuhan.

Itulah serba-serbi Quran in Word yang dapat saya sampaikan, banyak kekurangan saya sebagai penulis minta maaf yang sebesar-besarnya.


Penting..!!!

Sebelum digunakan atau dicetak, cocokkan terlebih dulu Ayat-ayat suci Al-Quran yang tertulis di Word menggunakan Al-Quran Asli. Karena dari berbagai sumber, ternyata aplikasi ini masih banyak kesalahan dalam penulisan.

Selain itu ada banyak faktor lain juga dapat merubah tulisan Al-Quran, seperti tombol terpencet, adanya bug di Word dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *