Mengatasi Start Menu tidak bisa diklik

By | February 17, 2021

Mengatasi Start Menu tidak bisa diklik – Trik ini dapat diaplikasikan pada laptop Assus, Acer, Thosiba, Samsung, Dell dan semua merk laptop lain yang menggunakan OS Windows.

Kali ini Admin menggunakan laptop Windwos 10, namun kamu juga dapat menggunakan cara ini pada Windows 7 juga.

Start Menu pada laptop memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu digunakan untuk menuju ke menu lain, setting atau aplikasi pada laptop.

Nah, Start Menu sendiri terletak pada taskbar atau garis tebal hitam yang berada di paling bawah monitor.

Selain untuk menampilkan Start menu, taskbar berfungsi untuk menampilkan program maupun aplikasi yang sedang berjalan. Seperti indikator bateraii, sound, wifi antivirus dan yang lainnya.

Mengatasi Start Menu Di Laptop Error

Pada garis taskbar ini, kita juga dapat menambahkan pintasan (shortcut) seperti Start Menu, Aplikasi (Office, Corel, Photoshop, Browser, dll.).

Jika kemudian takskbar ini macet tidak bisa diklik, pasti agak kesulitan untuk membuka program. Maka kita harus mengatasinya sendiri dengan langkah berikut ini:

Mengatasi taskbar yang tidak bisa diklik di Windows 10

Tidak bisa diklik di sini adalah, saat Start Menu di klik menggunakan mouse, dia tidak merespon sama sekali termasuk Shotcut Aplikasi dan object lain.

Ada beberapa cara mengatasi taskbar Windows 10 yang error yaitu:

1. Restart/matikan Laptop

Ini yang sering saya lakukan jika semua pekerjaan sudah tersimpan.

Dengan merestart/mematikan laptop, semua komponen laptop yang bekerja akan beristirahat. Jadi, merestart laptop akan membuat laptop menjadi normal kembali.

  • Pertama, Tekan CTRL+ALT+DEL secara bersamaan di keyboard laptop kamu.
  • Selanjutnya, layar akan terlihat biru dan ada beberapa menu. Di sini pilih icon Shutdown yang berada di kanan bawah pada monitor

    mengatasi taskbar yang tidak bisa diklik
  • Langkah terakhir, pilih Shutdown atau Restart.
Artikel Terbaru  Mengatasi "Undoing Changes Made To Your Computer" Windows 10/7

Setelah direstart biasanya laptop akan normal kembali, namun jika memiliki pekerjaan yang belum tersimpan, kita dapat mematikan tanpa restart laptop, hanya mematikan Windows Explorernya saja.

Caranya berikut ini:

2. Tekan CTRL+Shift+Esc

  • Langkah pertama, buka Task Manager dengan cara menakan CTRL+Shift+Esc keyboard secara bersamaan
  • Setelah muncul tabel Task Manager, pilih More Details untuk melihat tabel lebih lengkap

    Task Managaer Tidak Respon
  • Selanjutnya, Cari Windows explorer.exe – Klik kanan kemudian Restart

    cara mengatasi start menu error

Setelah direstart, sekarang silakan coba cek Start Menu laptop yang error tadi, kebanyakan kasus seperti ini langsung berhasil.

3. Restart Laptop (PC) dengan terpaksa

Solusi yang terakhir yang pernah saya coba yaitu dengan mematikan Laptop secara terpaksa. Caranya:

  • Tekan lama power pada laptop sampai laptop benar-benar mati
  • Selanjutnya, hidupkan laptop seperti biasa lagi.

Cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah Start menu yang macet, namun jika sangat sering terjadi. Saya sarankan kurangi file yang tersimpan distorage, bersihkan Cache atau install ulang laptop.

Apa penyebab Taskbar tidak bisa diklik?

Ada bebera hal penyebab Start menu yang tidak bisa diklik. Mulai dari bug, Virus, corrupted files pada sistem, bahkan aplikasi yang terinstall pada laptop juga dapat menyebabkan hal ini.

Spesifikasi laptop yang rendah juga dapat menyebabkan error semacam ini. Maka, wajar sekali start error sering terjadi pada laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

Untuk mengatasinya kita harus menjalankan aplikasi sesuai spesifikasi laptop atau upgrade laptopnya ke SSD atau ram agar memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Saya sendiri pernah beberapa kali mengalami start menu tidak bisa diklik karena laptop saya biarkan hidup dan tidak digunakan, sehingga laptop masuk ke mode sleep. Hal ini bisa dikarenakan adanya bug pada Windows.

Artikel Terbaru  Mengatasi "Undoing Changes Made To Your Computer" Windows 10/7

Dari berbagi sumber juga mengatakan, update Windows otomatis juga bisa jadi penyebabnya, jadi matikan saja update otomatis pada laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *