Cara isi ulang tinta printer Epson yang benar

By | November 19, 2020

Bagaimana cara isi ulang tinta printer EPSON yang benar? – Oke, kali ini admin akan menulis tutorial bagaimana cara isi ulang tinta di printer Epson.

Sebenarnya refil atau isi ulang printer Epson sangatlah mudah (bagi yang tahu caranya), karena hampir semua seri printer Epson sudah menggunakan sistem “infus” atau “ink tank” untuk isi ulang tinta, yang artinya kita tinggal buka penutup taung tinta, kemudian mengisi tinta sesuai warna.

Akan tetapi jika tidak tahu tekniknya dengan benar, biasanya akan ada beberapa masalah. Yaitu, hasil print kurang maksimal. Seperti bergaris, tinta tidak mau keluar dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang belum tahu cara isi ulang tinta di printer Epson atau mengalami masalah seperti di atas, simak baik-baik artikel ini.

Cara isi tinta printer Epson

Cara ini bisa digunakan pada semua printer model Ink tank seperti seri L100/L110/L120/L300/L485/L550 dan sejenisnya, akan tetapi admin menggunakan contoh printer EPSON model L120. Untuk seri lain bisa menyesuaikan.

1. Perisapkan tisu basah dan kering serta tinta Epson sesuai warna dan seri. Untuk printer Epson L120, seri tintanya yaitu 664. Berikut seri printer yang menggunakan tinta 664:

Ara Isi Tinta Printer Dengan Benar

2. Bersihkan area lubang tinta dari debu menggunakan tisu basah, agar saat mengisi tinta debu tidak ikut masuk ke dalam “tank” (tabung).

Cara Refil Tinta Printer Epson

3. Keluarkan tinta dari kardus dan buka plastik kedap tinta. Usahakan jangan merusak kemasan dapat digunakan kembali, karena tinta biasanya akan disimpan lagi dalam jangka waktu yang lama.

Tinta Printer Epson L120

4. Selanjutnya, buka penutup tinta dengan cara membuka botol seperti biasa. Jika bol sudah terbuka, sekarang buka penutup plastik alumunium agar tinta dapat keluar. Jika sudah, silahkan tutup kembali dengan rapat.

Cara Isi Tinta Di Printer Epson L120

5. Kemudian, patahkan ujung botol dengan tangan.

Artikel Terbaru  Kumpulan Resetter printer EPSON

Potongan jangan dibuang karena nanti digunakan sebagai penutup botol dengan cara dibalik.

Cara Membuka Botol Printer Epson

6. Selanjutnya, buka karet penutup tabung tinta dengan cara menarik ke atas. Kemudian isikan tinta yang sudah disiapkan ke tabung sesuai dengan warna sampai garis maksimal. Tekan botol agar tinta keluar.

Buka Tabung Tinta Printer Epson

7. Setelah terisi, bersihkan tinta yang tercecer menggunakan tisu kering kemudian tutup kembali karet penutup tabung tinta.

Setelah pengisian selesai, silahkan test print dengan mencetak foto atau teks berwarna.

AWAS…!! Tinta palsu dapat merusak printer

Selalu gunakan tinta Original EPSON untuk refil agar hasil cetak bagus dan head cartridge tidak cepat rusak.

Cek tinta yang kamu, asli atau palsu dengan cara berikut ini……

Jika hasil print kurang sempurna, seperti warna tidak keluar atau bergaris, silahkan lakukan hal di bawah ini untuk mengatasinya:

Cara mengatasi hasil print bergaris setelah isi tinta

Sebenarnya setelah isi tinta, printer langsung dapat digunakan. Namun ada beberapa kasus, setelah tinta diisi ternyata tinta tidak mau keluar, hal ini menyebabkan hasil print kurang jelas atau bergaris.

Untuk mengatasinya, silahkan lakukan cara berikut ini:

Siapkan beberapa kertas F4/A4 kosongan untuk pengecekan. Kemudian lakukan hal ini.

1. Bersihkan printer dari debu, terutama area yang dilalui kertas seperti roller penarik kertas.

Bersihkan Penarik Kertas Printer Epson

Jika kotoran tidak dibersihkan secara berkala, makan kotoran tersebut akan merusak head cartridge.

2. Masuk ke printer maintenance dengan cara masuk ke printer & Scaners – Epson – Manage – Printer Properties – Preference – maintenance.

Cara Cleaning Printer Epson

3. Setelah masuk mode maintenance Pilih power Ink flushing-ikuti sampai selesai.

Fungsi Power Ink Flusing

Fungsi power ing flushing adalah untuk menyedot tinta dari tabung ke cartridge.

Artikel Terbaru  Ukuran kertas F4/Folio, A4, Legal, Letter, A3, A3+, B3 dan B4

4. Setelah selesai dan print nuzzle check dan garis sudah keluar warna semua biasanya printer sudah normal. Bisa digunakan seperti biasanya.

Akan tetapi jika masih ada beberapa garis putus-putus, bisa jadi ada sumbatan pada head maintenance. Untuk mengatasinya kita bisa kembali ke maintenance mode dan membersihkan head cartridge setelah selesai, bersihkan tempat kertas di menu Paper Gude Cleaning.

Cleaning Printer Epson

Cara cleaning printer Epson dengan benar

Jika kamu belum begitu faham bagaimana cara cleaning printer Epson silahkan baca artikel cara mengatasi garis putus-utus printer Epson…
Cek Nozzle Printer Epson

Tips refil atau isi ulang tinta printer Epson

Berikut ini tips-tips dalam melakukan pengisian atau refil tinta printer yang harus kami tahu:

Gunakan tinta printer Epson Asli agar tidak merusak head cartridge.
Jangan gunakan tinta yang kadaluarsa. Cek tahun dan tanggal kadaluarsa tinta yang berada di kardus tinta.
Isikan tinta sesuai garis batas maksimal agar tinta tidak luber.
Jangan sampai salah isi warna karena sensor head cartridge akan mendeteksi, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada head cartridge.
Jika tinta masih sisa, simpan di tempat yang sejuk agar tinta tidak rusak.
Jangan terlalu sering melakukan Ink Flusing karena akan menyebabkan area head terlalu basah.

Sebenarnya tips di atas tidak hanya berlaku hanya untuk printer Epson saja, akan tetapi bisa diaplikasikan ke semua printer merk lain.

Kesimpulan

Printer Epson termasuk printer yang mahal, akan tetapi memiliki kualitas gambar yang bagus dibanding printer sekelas lain. Mulai dari harga printer, head bahkan tintanya juga lumayan mahal.

Akan tetapi, printer Epson memiliki kelebihan pada hasil printing. Gambar yang dihasilkan lebih bagus dari printer lain yang sekelas.

Artikel Terbaru  Ukuran kertas A3

Selain itu, printer Epson ini terkenal dengan keawetannya. Meskipun begitu, usia printer tergantung perawatan dan penggunaan. Perawatan yang bagus dan caran menggunakan printer dengan benar akan memperlama usia Printer.

Buktinya printer yang saya pakai, yaitu Epson L120 yang saya beli pada tahun 2016 sampai sekarang kualitas gambar masih bagus. Padahal, sudah berkali-kali refil tinta sendiri.

Tips merawat printer Epson agar awet

Berikut tips merawat dan cara menggunakan printer Epson dengan benar agar printer tidak cepat rusak.

Itulah artikel cara isi ulang tinta printer EPSON dengan benar. Semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *