Cara Menampilkan Penggaris atau Ruler di MS Word

menjadi cm

Microsoft Office termasuk aplikasi kantor yang paling populer saat ini, semua laptop sudah pasti terinstall sepaket software MS Office ini. Yaitu MS excel, Ms Power Point dan Ms Word. Dimana pada masing masing aplikasi mempunyai fitur yang berbeda, seperti MS Word Misalnya.

Microsoft Word adalah aplikasi office yang memang di desain untuk membantu mengerjakan kegiatan yang berkaitan dengan tulis-menulis suatu dokumen. Dengan bantuan MS Word ini pengguna sangat dimudahkan dalam mengolah kata dan mengatur paragraf sesuai keinginan.

Sebagai software office paling populer, MS Word ini dilengkapi dengan menu yang sangat lengkap guna mempermudah penggunanya. Bahkan sangking banyaknya menu, tak jarang pengguna yang tidak mengetahui fungsinya.

Bisa kita lihat pada tampilan halaman banyak sekali menu dan fitur yang bisa digunakan. Seperti ruler atau penggaris yang berada di pinggir halaman misalnya.

Fungsi Ruler atau Penggaris di MS Word

Adanya ruler pada MS Word sangat membantu dan memudahkan pengguna dalam mengatur jarak paragraf seperti indent, margin dan kolom secara manual pada saat pengeditan dokumen seperti surat-menyurat, makalah atau skripsi.

Ada beberapa orang yang memang sangat tergantung dengan fitur ruler yang ada si sisi dokumen ini, namun tak jarang fitur ruler tidak tampil pada halaman MS Word. Bisa dikarenakan tidak sengaja menghilangkannya atau baru saja install software office ini. Karena secara defut setelah diinstall ruler memang tidak muncul kalau tidak di tampilkan secara manual.

Cara Menampilkan Penggaris atau Ruler di MS Word

MS Word mempunyai banyak versi mulai dari versi pertamanya yaitu Word 2003 sampai saat ini 2019, mungkin tahun depan ada yang 2020, 2023 san seterusnya.

Meskipun mempunyai bayak versi ternyata ada lima versi yang paling banyak digunakan yaitu 203, 2007, 2010, 2013 dan 2016. Namun kali ini admin menggunakan tutorial cara menampilkan penggaris di MS Word mengunakan versi 2016.

Jika kamu menggunakan versi lain kemungkinan tidak begitu berbeda caranya karena dari semua versi MS word hampir tidak ada perubahan menu dan letak menu. Ikuti langkah berikut ini:

1. Pada halaman kerja MS Word pilih View → kemudian centang pada bagian Ruler.

menampilkan rooller di word

Seketika penggaris akan muncul di pinggir halaman seperti pada gambar diatas, mudah banget kan?

Cara Mengganti Satuan Ukuran Penggaris ke (CM)

Setelah penggaris muncul kita bisa menggunakan untuk pengaturan paragraf secara manual namun satuan angka pada penggaris masih menggunakan Inch sedangkan orang indonesia terbiasa menggunakan CM. Untuk merubah satuan Inch ke CM pada penggaris MS Word juga sangatlah mudah. Berikut ini langkahnya:

1. Arahkan kursor di area atas halaman → kemudian klik kanan mouse. → Setelah klik kanan pilih Customize Quick Access Toolbar….

 

Cara Menampilkan Penggaris atau Ruler di MS Word

2. Setelah itu muncul box seperti dibawah ini. Pilih Advanced → Scroll kebawah sampai ketemu menu Display → pilih satuan Centimeters → OK. 

Cara Menampilkan Penggaris atau Ruler di MS Word

Selain satuan CM kita juga bisa merubah ke Milimeters (MM), Points dan Pices. Agar lebih mudah pakai saja yang Centimeters.

menjadi cm

Sekarang kita sudah bisa mengunakan ruler MS Word untuk mengatur paragraf.

Mengatur Paragraf Menggunakan Ruller

Ruler pada word bisa digunakan untuk mengatur paragraf secara manual berikut keterangan dari masing-masing itemnya:

Cara Menampilkan Penggaris atau Ruler di MS Word

 

Berikut keterangan masing masing icon yang berada di ruler word.

1. Batas margin

Mengatur batas margin dengan menyeret ke kanan maupun ke kiri. Kita mengatur margin halaman kiri kanan dan atas bawah.

2. First line indent

Fungsinya untuk membuat baris pertama paragraf menjorok ke dalam. Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 2 ke kanan.

3. Hanging Indent

Fungsinya untuk membuat tulisan menjorok kedalam setelah baris pertama pertama paragraf. Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 3 ke kanan.

4. Left Indent

Fungsinya untuk membuat semua tulisan dalam 1 paragraf kedalam. Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 4 ke kiri atau ke kanan.

5. Left Tab

Fungsinya untuk membatasi tab yang kita tekan, jadi kita bisa menentukan tab berhenti sesuai left yang kita pasag di ruller. Cara memasangnya kilik di area ruller sampai munjul icon (L), jika sudah muncul icon L berarti fungsi tab akan berhenti di icon L yang kita pasang.

6. Right Indent

Fungsinya untuk membuat semua tulisan dalam 1 paragraf kedalam (kiri). Cara menggunakannya block atau letakkan kursor pada paragraf yang ingin di edit lalu seret icon no 5 ke kiri.

Itulah cara memunculkan ruler atau penggaris di MS Word serta sedikit keterangan fungsinya. Jika masih ada kekurangan silahkan tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *