Ini yang Terjadi jika Kipas laptop Tidak Pernah Dibersihkan

Sering saya menulis artikel tentang pentingnya kipas atau blower yang terpasang pada laptop. Fungsi utama blower atau kipas yaitu untuk membuang udara panas  dan mengganti dengan udara baru agar kinerja processor tetap stabil.

Agar proses pergantian udara lancar baik kipas maupun saringan kipas harus tetap bersih, jika ada kotoran yang menutupi maka udara tidak bisa keluar masuk dengan sempurna sehingga prosesor akan mengalami panas berlebih yang mengakibatkan laptop menjadi mati bahkan jika hal ini terus dibiarkan laptop akan menjadi mati total.

Ini yang Terjadi jika Kipas laptop Tidak Pernah Dibersihkan

Nah berikut ini akibat tidak membersihkan kipas pada laptop:

1. Laptop Panas

Tentu jika kipas laptop tidak pernah di cleaning atau dibersihkan maka kotoran menjadi menumpuk dan menutupi sirkulasi udara sehingga panas tidak bisa dibuang. Hal ini mengakibatkan udara tidak bisa keluar masuk sehingga menimbulkan panas yang berlebih.

2. Laptop Lemot

Processor bekerja di batas suhu maksimal yang telah di tentukan, jika panas sudah melewati suhu yang di tentukan makan processor akan mengalami masalah yaitu salah satunya melambat.

3. Laptop Mati

Jika laptop terus dihidupkan dalam keadaan kipas kotor maka laptop akan mati, bisa dikenal dengan istilah “overheat”

4. Merusak Komponen Lain

Jika terus dibiarkan akan bisa merusak komponen lain, seperti ram, harddisk atau IC-IC yang tertanam pada motherboard karena efek dari panas dan sering mati secara tiba-tiba.

5. Merusak Casing Laptop

Lubang ventilasi yang tertutupi oleh kotoran akan menyebabkan panas tidak bisa keluar sehingga menyebar ke seluruh ruangan laptop. Nah casing laptop sendiri terbuat dari plastik, jika plastik tersebut terkena hawa panas terus menerus maka casing akan menjadi rapuh.

Saya sendiri ketika membongkar laptop yang tidak perah dibersihkan kipasnya menemukan beberapa bagian casing yang retak terutama casing  yang dekat dengan area kipas. Tak jarang rumah baut juga patah ketika buat di buka.

Kesimpulan

Pembersihan kipas pada laptop maksimal dilakukan 1 tahun sekali, namun jika area atau lingkungan berpolusi tinggi lakukan cleaning maksimal 6 bulan sekali.

Cleaning bisa di lakukan sendiri, namun jika tidak hati hati laptop akan konslet dan mati. Untuk lebih amannya kamu bisa datang ke tempat servis laptop terdekat.

Servis Laptop di Jepara Terbaik dan Terpercaya

5/5 (1)

Berikan Rating

Leave a Comment