Mengatasi keyboard Laptop error dan mengetahui penyebabnya

Mengatasi keyboard Laptop error – Sebelum mengatasi keyboard laptop yang bermasalah sebaiknya kamu ingat dulu kenapa keyboard laptop sampai bermasalah. Apakah terjatuh? terkena air? atau tiba-tiba bermasalah?

Dengan mengetahui terjadinya masalah sebenarnya kita sudah bisa mengetahui tindakan apa yang harus diberikan ke laptop kita.

mengatasi error pada keyboard laptop

Penyebab keyboard laptop error

Berikut ini kerusakan umum yang terjadi pada keyboard laptop:

1. Salah satu atau semua tombol keyboard tidak berfungsi
2. Tombol error, yaitu huruf yang keluar di monitor tidak tidak sesuai dengan yang di tekan.
3. Tombol mengetik sendiri sampai berderet deret
4. Tombol huruf keluar angka
5. Mengetik menjadi lemot atau ada jeda.
6. Terjadi hal yang tidak wajar, seperti delete sendiri, membuak file sendiri, memilih file sendiri dan lain sebagainya.

Test keyboard menggunakan keyboard tester online di https://www.keyboardtester.com/. Dengan keyboard tester kita bisa mengetahui tombol mana yang menyebabkan error.

Mengatasi keyboard laptop error

Selanjutnya tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah keyboard error pada laptop kamu:

#1. Fn-Num Lock

Cek apakah FN hidup ada tidak, jika FN hidup biasanya ketika keyboard di tekan akan muncul nomer atau kode lain yang tidak sesuai pada keyboard. Nah untuk mengetesnya coba test tombol FN+ F1 sampai F12.

Artikel Terbaru  Servis Keyboard Laptop Semarang Terbaik

#2. Keyboard kotor atau terganjal

Keyboard error juga bisa disebabkannya benda asing mask pada keyboard, jadi coba bersihkan sela-sela keyboard terlebih dahulu.

Jika ada tombol keyboard yang terasa keras coba bersihkan tombol tersebut dengan cara memakai kuas atau membuka salah satu tombol.

Untuk membuka tombol pakailah alat untuk menekan pengait kemudian congkel tombol ke atas sampai terlepas. Setelah terlepas kamu bisa membersihkan kotoran atau benda asing yang terdapat pada sela tombol keyboard.

Baca Cara melepas tombol keyboard Laptop

#3. Keyboard konslet

Keyboard konslet bisanya ada bunyi beep pada laptop. Keyboard konslet ini sangat berbahaya bagi motherboard laptop kamu. Karena jika tidak segera di ganti, komponen pada motherboard akan terkena imbasnya dan bisa menyebabkan laptop mati total.

Keyboard konslet bisa terjadi karena, pemasangan fleksibel keyboard yang salah, kyaboard pernah terkena air atau benda cair lain, atau bisa juga umur keyboard yang sudah terlalu lama.

Solusi satu-satunya untuk mengatasi keyboard konslet ini harus mencopot sambungan keyboard ke motherboard, kemudian menggantinya dengan keyboard baru atau menggunakan keyboard external sementara.

#4. Masalah pada driver keyboard

Cek driver keyboard, apakah sudah terinstall atau belum. Bisa kita cek dengan cara StartComputer ( klik kanan) → PropertiesDevice Manager.

Jika sudah terinstall maka ada icon keyboard, jika belum akan ada tanda seru. Seperti ini:

mengatasi keyboard error

#5. Masalah pada charger

Arus listrik yang tidak stabil dapat mengganggu kinerja keyboard karena arus listrik yang masuk pada keyboard laptop juga tidak stabil. Hal ini akan membuat salah satu tombol keyboard tidak berfungsi bahkan sebagaian.

Selain keyboard laptop, arus yang tidak stabil juga dapat mengganggu kinerja touchpad. Touchpad menjadi susah digeser dan tidak akurat.

Artikel Terbaru  Cara melepas tombol keyboard Laptop menggunakan pinset

Arus yang tidak stabil biasanya karena charger yang digunakan tidak asli atau menggunakan adaptor yang kualitas rendah.

Coba gunakan laptop tanpa adpator, jika perlu direstart terlebih dulu.

#6. Masalah pada baterai

Selain faktor adaptor, faktor lain yang membuat arus tidak stabil yaitu baterai yang sudah tidak bisa dipakai.

Ciri baterai yang sudah tidak bisa dipakai adalah ketika dicahrger ada simbol silang (x) di icon baterai.

Untuk tes apakah keyboard laptop error karena masalah ini, coba hidupkan laptop tanpa memakai baterai (hanya menggunakan charger).

Jika setelah baterai laptop dicopot ternyata keyboard normal, kamu harus segera ganti baterai baru.

Penting: cara ini tidak direkomendasikan untuk laptop dengan baterai tanam.

#7. Windows tidak cocok

Selain 6 masalah di atas, ternyata menggunakan Windows yang tidak bawaan laptop juga dapat membuat beberapa software maupun hardware kurang maksimal.

Saya sendiri menggunakan laptop Thosiba Satellite L640. Pada saat saya awal beli, laptop ini menggunakan Windows 7 32 bit, namun sekarang saya install OS Windows 10 64 bit.

Nah, ketika saya menggunakan Windows 10, kadang-kadang tombol spasi dan shift tidak dapat berkerja. Beberapa saat kemudian semua tombol laptop berkerja dengan baik termasuk spasi dan shift.

Kemudian saya kembalikan laptop ke Windows 7 32 bit dan ternyata keyboard normal-normal saja, sehingga saya berkesimpulan bahwa menggunakan Windows bawaan laptop membuat semua fitur berkerja dengan maksimal.

#8. Masalah pada motherboard

Keyboard error bisa dikarenakan faktor lain yaitu adanya kerusakan pada motherboard jalur keyboard, tentunya jika terjadi kerusakan seperti ini kita tidak bisa menangani sendiri tapi harus ke tempat servis laptop yang terpercaya karena kategori kerusakan berat.

Artikel Terbaru  Cara Menulis Arab di WA Hp Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung dan yang Lainnya

Baca Biaya servis laptop mati total

Komponen keyboard laptop yang harus kamu tahu

Berikut ini komponen dari keyboard laptop dan bagian mana saja yang sering menyebabkan error.

1. Kebel felksibel flat keyboard

fleksibel keyboard laptop

Kebel felksibel flat tidak hanya terdapat pada keyboard saja, kebel ini banyak sekali ditemukan pada elektronik yang menggunakan komponen chip atau micro. Seperti laptop, printer, tv LES, smart phone dan lain sebagainya.

Kabel felksibel pada keyboard laptop terletak dibalik tombol. Kabel ini sama fungsinya seperti kabel pada umumnya akan tetapi memilki desain yang sangat tipis mengingat komponen laptop yang sempit dan kecil.

Kabel felksibel ini jika terpasang pada laptop posisinya tertekuk, sehinga lama kelamaan kabel menjadi rusak atau terjadi konslet pada plat keyboard, hal ini menyebabkan kerusakan pada keyboard.

2. Ujung kabel felksibel flat

ujung kabel fleksibel flat

Cara menghubungkan kabel fleksibel ke komponen biasanya menggunakan slot, pada ujung kebel fleksibel terdapat garis berjajar seperti arang atau tembaga.

Nah garis berjajar ini juga dapat menimbulkan masalah pada keyboard, seperti salah satu garis sudah rusak, penerapan tidak pas pada slot atau terjadi konslet karena lembab.

Ya, ujung fleksibel yang lembab juga dapat mengakibatkan konslet pada komponen termasuk keyboard.

Artikel selengkapnya baca Penjelasan komponen keyborad laptop

Penulis eldya.com

Leave a Comment