Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

bagian dari tombol keyboard

Komponen keyboard laptop – Keyboard merupakan salah satu komponen terpenting pada laptop yang sering diganti karena error.

Penyebab error pada keyboard bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti terkena cairan, laptop jatuh, konslet, teganjal kotoran atau memang faktor usia laptop memang sudah lama.

Nah, jenis error pada keboard sendiri bermacam macam. Seperti:

  • Beberpa tombol tidak berkerja
  • Tombol terus menerus memecet sendiri (padahal tidak dipencet)
  • Keyboard tidak sesuai perintah
  • Kadang bisa kadang juga tidak
  • Keyboad mati 100%
  • Dan lain sebagainya.

Jika keyboard sudah menimbulkan gejala-gejala seperti di atas, kemngkinan besar kita harus ganti baru keyboard laptop yang harganya lumayan mahal.

Sebelum ganti keyboard, sebaiknya baca dulu Cara mengatasi keyboard Laptop error dan mengetahui penyebabnya karena keyboard yang error tidak 100% hanya disebabkan oleh keyboard itu sendiri.

Akan tetpi jika benar-benar sudah rusak dan perlu diganti, maka kita harus sedikit mengetahui detail komponen keyboard laptop.

Dengan mengetahui detail komponen keyboard, kedepannya kita akan tahu bagaimana cara merawat bagian keboard dengan baik dan benar karena mengetahui bagian mana saja yang paling sensitif. Dengan begitu usia keyboard bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga Inilah biaya servis laptop terbaru

Jenis keyboard laptop

Komponen dan cara kerja keyboard semua laptop sebenarnya tidak jauh berbeda, entah itu notebook ataupun laptop bahkan keyboard komputer.

Artikel Terbaru  Servis Keyboard Laptop Semarang Terbaik

Merk seperti Assus, Acer, Lenovo, Thosiba, Samsung dan merk-merk lain juga cara kerja keyboardnya sama. Hanya saja , lebar, bentuk, posisi baut dan posisi fleksibel menyesuaikan jenis dari pada laptop.

Akan tetapi secara umum keyboard laptop memiliki dua jenis, yaitu keyboard laptop tanam dan non tanam.

#Kyeboard tanam

Keyboard tanam yaitu keyboad laptop yang langusung menempel pada casing. Untuk menggantinya, teknisi harus bongkar casing laptop dan melepas lem keyboard yang menempel pada casing.

Biasanya ganti keyboard tanam lebih mahal dibandingkan non tanam. Selisih harga bisa sapai 100 – 200 ribu ketika penggantian.

Keyboard tanam digunakan pada laptop keluaran terbaru, karena laptop terbaru memiliki tampilan yang tipis jadi menang harus menggunakan keyboard tanam.

#Kyeboard non-tanam

Keyboard non-tanam tidak menempel secara permanen pada casing laptop. Keyboard ini banyak digunakan pada laptop model lama sebelum 2016.

Keyboard ataman ini dapat diganti dengan sangat mudah tanpa membongkar casing laptop, cukup melepas baut keboard kemudian mengambilnya, sehingga biaya ganti keyboard non-tanam lebih murah. Bahkan kita dapat menggantinya sendiri hanya dengan sedikit belajar di internet.

Baik keyboard tanam maupun non tanam memiliki komponen dan cara kerja yang sama, berikut penjelasannya:

Bagian-bagian dari keyboard laptop

Kali ini kita akan membongkar keyboard laptop non-tanam yang sudah tidak terpakai untuk mengetahui detail dan cara kerja dari keyboard.

#1. Tombol [tuts]

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

Tooth atau tombol pada keyboard berfungsi untuk mengetik dan membuat perintah tertentu pada laptop.

Kelemahan pada tombol keyboard yaitu jika lama tidak dibersihkan maka akan terdapat banyak sekali kotoran yang menumpuk di bawahnya sehingga tombol terasa mengganjal saat ditekan.

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak
Kotoran yang ada di bawah tombol

Untuk membersihkan kotoran yang ada di bawah tombol, kamu bisa gunakan cara ini Cara melepas tombol keyboard Laptop menggunakan pinset

Artikel Terbaru  Cara melepas tombol keyboard Laptop menggunakan pinset

#2. Karet penekan PCB fleksibel

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

Karet ini berada tepat dibawah tombol. Biasanya karet langsung menempel pada pelapis ada juga yang tidak.

Fungsi dari karet tersebut yaitu sebagai alat penekan PCB fleksibel agar agar tidak rusak.

Selin itu fungsi karet juga untuk mengambilkan tombol yang keyboard yang keyboard yang dipencet agar kembali seperti semula.

#3. PCB Fleksibel keyboard laptop

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

PCB ini terhunbung langsung ke kabel fleksibel, dimana fungsi dari pcb ini yaitu untuk menemukan antara arus listrik pcb dan arus listrik di plat, yang nantinya menjadi suatu perintah berupa tulisan.

PCB ini tidak seperti papan PCB pada umumnya, karena memang dirancang untuk keyboard. Jadi PCB ini seperti kabel fleksibel biasa, yaitu persis seperti mika yang terdapat garis berbahan logam untuk menyalurkan arus listrik.

Jika pada konektor PCB kotor, sekuat apapun kita memencet tombol maka tidak akan terjadi apa-apa karena antara PCB atas dan PCB bawah tidak bisa nempel.

Lembab atau tetesan air juga dapat membuat kedua PCB menyalurakan listrik sehingga keyborad dapat memencet sendiri terus menerus.

#4. Plat keyboard

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

Nah, plat keyboard ini berada dilapisan paling bawah dan menempel dengan PCB fleksibel bawah, fungsinya sama seperti PCB fleksibel atas yaitu sebagai penghantar arus dari fleksibel PCB, akan tetapi posisinya diam tidak seperti PCB fleksibel yang dapat ditekan.

#5. Kebel fleksibel flat 

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

Kebel fleksibel flat memiliki fungsi seperti kabel pada umumnya akan tetapi memiliki desain yang tipis agar dapat digunakan pada area yang sempit.

Letak kebel ini juga posisinya terlipas, jadi lama kelamaan jika terkena panas motherboard kabel akan menjadi putus atau rusak dan harus ganti keyboard.

Artikel Terbaru  Cara melepas tombol keyboard Laptop menggunakan pinset

#6. Ujung kabel fleksibel flat

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

Pada ujung kebel di desain kaku dan memiliki garis-garis kecil sebagai konektor ke slot motherboard. Pemasangan konektor yang tidak pas juga dapat menjadi faktor keyboard error.

#7. Kerangka keyboard

Kerangka keyboard ini terbuat dari plat body dan didesain mengikuti casing laptop, sehingga setiap seri laptop memiliki model kerangka yang berbeda.

Jika kurang jelas perhatikan gambar keyboard yang sebelumnya sudah kami bongkar berikut ini:

Komponen keyboard laptop dan bagian yang sering rusak

Itulah sedikit penjelasan bagian-bagian keyboard laptop. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *