Penyebab Laptop Berisik dan Cepat Panas serta Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Berisik dan Cepat Panas serta Cara Mengatasinya

Suara laptop ditimbulkan oleh kipas pendingin yang berada pad motherboard, jadi jika ada bunyi berisik pada laptop bisa dipastikan ada masalah pada area kipas atau blower. Karena selain kipas di laptop tidak ada komponen yang bergerak dan menghasilkan bunyi.

Ini yang Terjadi jika Kipas laptop Tidak Pernah Dibersihkan

Untuk mengatasinya kamu perlu membuka chasing laptop, karena semua kipas pendingin laptop menempel pada sebuah motherboard jadi tanpa membuka chasing kita tidak bisa mengatasi masalah tersebut.

Berisik pada laptop memang bisa dipastikan karena area kipas bermasalah namun masalah yang timbul berbeda-beda, maka dari itu kali ini saya kan membahas mengatasi laptop berisik yang ditimbulkan oleh kipas motherboard.

Berikut ini penyebab laptop berisik serta cara menanganinya:

1. Kipas Kotor

Yang pertama adalah adanya kotoran pada laptop, kipas laptop yang tidak pernah dibersihkan bisa membuat laptop menjadi berisik karena adanya kotoran, sehingga poros laptop terganggu oleh kotoran yang bisa menyebabkan bunyi berisik.

mengatasi laptop berisik

Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan kipas dan area kipas dari debu mengunakan kuas, atau bisa menggunakan kompresor dan vacum.

2. Terdapat Benda Asing Pada Kipas

Adanya benda asing seperti hewan, sisa makanan, baut atau benda lain kan membentur kipas saat berputar an hal ini juga bisa menimbulkan bunyi berisik.

Tentu saja untuk mengatasinya tinggal membuka casing laptop dan membuang benda yang terdapat pada kipas.

3. Kondisi Kipas Kurang Bagus (Rusak)

Kipas yang memiliki kondisi kurang bagus juga akan menimbulkan bunyi. Seperti kipas macet atau miring yang bisa menimbulkan benturan pada penutup atau benda di sekitar kipas.

kipas laptop bermasalah

Kondisi kipas kurang bagus biasanya di sebabkan oleh umur dan intensitas penggunaan laptop, jadi memang harus diganti dengan kipas yang baru.

4. Kipas Bekerja Extra

Laptop yang bekerja ekstra akan memicu kipas terus berputar lebih kencang karena pada motherboard terdapat sensor untuk mendeteksi panas. Laptop yang bekerja ekstra seperti main game atau menjalankan program besar maka prosesor akan panas sehingga kips akan berputar kencang. Jika ini terjadi secara-terus menerus maka akan menimbulkan suara berisik pada laptop.

Untuk mengatasinya cukup menambahkan blower atau kipas external agar sirkulasi udara yang masuk pada motherboard lebih cepat tergantikan.

blower kipas

Penting: Membongkar laptop sangat berresiko, walaupun hanya membersihkan kipas jika tidak hati-hati maka akan merusak motherboard dan membuat laptop menjadi mati total. Jadi jika tidak biasa membongkar laptop bawa saja ke tempat servis laptop terdekat yang terpercaya. Karena cleaning kipas tidak terlalu mahal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *