Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Sebelum kita membuat website, penting sekali mengetahui perbedaan dari WordPress.org dan WordPress.com.

Alasannya, banyak sekali blogger menulis tutorial untuk WordPress.org namun diikuti oleh pengguna wordpress.com karena tampilannya yang sama.

Akhirnya pengguna wordpress.com merasa kebingungan karena hasilnya tidak sesuai dengan tutorial.

Nah, di artikel ini saya kan membahas perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org menggunakan bahasa yang sederhana. Karena saya sendiri bukan orang yang faham bahsa-bahasa “pemrograman”.

Berikut topik bahasan artike ini:

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

WordPress.com adalah situs penyedia blog secara gratis namun harus menggunakan nama wordpress.com di belakang blog. contohnya eldya.wordpress.com.

WordPress.com sama dengan penyedia blog gratis lain seperti blogspot, medium, wix dan lain sebagainya.

Sedangkan wordpress.org adalah situs penyedia CMS wordpress secara gratis namun untuk menggunakan CMS kita harus memiliki hosting dan domian sendiri. Domian akan berdiri sendiri tanpa subdomain (eldya.com).

Apa itu CMS?


Di wikipedia dijelaskan CMS adalah singkatan dari Content Management System atau dalam Bahasa Indonesianya Sistem Manajemen Konten merupakan perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web.

Pemahaman saya sendiri CMS adalah semacam software yang diciptakan untuk membuat sebuah website agar lebih mudah dalam mengelolanya.

Dari penjelasan diatas, kita bisa simpulkan bahwa wordpress.com adalah penyedia blog gratis dan wordpress.org adalah penyedia CMS gratis.

Terus saya harus memilih yang mana min?

Kalau saya sendiri merekomendasikan yang wordpress.org, meskipun harus mengeluaran uang untuk membeli domian dan hosting namun kita akan mendapatkan akses penuh dalam mengelola blog.

FiturWordPress.comWordPress.com
HostingGratisberbayar
DomianGratis subdomianberbayar
Install PluginTidakBisa
Ganti themeBisa Bisa
Upload themeTidakBisa
Edit ThemeTidakBisa
AdsenseTidakBisa

Seperti contoh gambar di bawah ini, untuk menambahkan plugin di wordpress.com kita harus upgrade ke versi berbayar.sedangkan untuk wordpress self hosting (CMS), plugin bisa langsung ditambahan sebanyak yang kita mau secara gatis.

Tutorial Wordpress -  -
Menambahkan plugin di WordPress.com harus upgrade ke akun premium terlebih dulu

“Saya ingin menggunakan wordpress.com saja karena menggunakan CMS wordpress harus mengeluarkan uang untuk beli hosting dan domian”

Jika memang alasannya karena budget, lebih baik gunakan saja penyedia blog gratis lain saja yaitu di blogspot. Karena jika sama-sama gratis blogspot menurut saya pilihan yang paling tepat karena memiliki fitur yang bisa kita custom lebih banyak dari pada worpdress.com.

Alasan lain kenapa memilih blog gratisan di blogspot adalah hanya blog gratisan dari blogspot yang dapat mengikuti program PPC Adsense.

Menghilangkan subdomain wordpress.com

Seperti yang saya katakan di atas tadi bahwa wordpress.com adah situs penyedian blog gratis seperti blogspot dan teman-temannya.

Namun kita dapat mehilngkan subdaomian wordpress.com menjadi domian utaman (eldya.wordrpess.com) langsung dari halaman wordpress.com

Caranya yaitu dengan upgrade akun WordPress menjadi premium dan membeli domian langsung dari wordpress.com. Namun saya sendiri belum pernah melakukan hal ini karena harga domian dan hosting di worprss.com menurut saya masih terbilang mahal.

Untuk budget yang pas-psan seperti saya cukup beli hosting dan domian lalu instal sendiri CMS wordpress di hosting yang kita beli.

Artikel Terbaru  Cara membuat daftar isi di dalam artikel Wordpress

Cara install CMS WordPress

Istall CMS tidak sama dengan membuat akun blog gratisan di wordpress. Jika ingin membuat blog WordPress gratissan bisa langsung masuk di wordpress.com dan lengkapi sesui pentunuk sampai selesaim,

Berbeda jika install CMS di hosting, tentunya kita harus membeli hosting dan domain terlebih dulu baru install CMS di Cpanel..

Namun, Jika kamu befikir install CMS WordPress di Cpanel adalah hal yang sulit, kamu salah besar.

Install CMS di Cpanel sangatlah mudah, bahkan orang yang pertama kali kenal WordPress juga bisa melakukannya.

Karena install CMS sama halnya kita install aplikasi di ponsel. Cari aplikasinya  » Install  » tunggu beberpa detik  » bisa digunakan.

Tutorial Wordpress -  -

Itulah perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, semoga penjelasan dapat dimengerti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *