Cara atasi laptop tidak bisa hidup setelah sleep

Cara mengatasi laptop tidak bisa hidup setelah sleep

Cara atasi laptop tidak bisa hidup setelah sleep – Mematikan laptop dengan mode sleep sering dilakukan oleh pengguna laptop yang aktif agar saat laptop dihidupkan kembali pekerjaan sebelumnya masih terbuka dan tinggal meneruskan.

Umumnya, laptop yang dimatikan dengan mode sleep akan langsung hidup jika tombol power atau tombol pada keyboard ditekan tanpa melalui booting yang lama.

Akan tetapi, ada beberapa kasus laptop yang dimatikan menggunakan mode sleep malah kebablasan, perangkat tidak bisa masuk ke menu dan monitor laptop menjadi blank dan tidak bisa diapa-apakan.

Jika kamu mengalami kasus seperti itu, jangan terburu-buru membawa ke tempat servis laptop. Coba lakukan tips dan cara berikut ini agar laptop berjalan normal kembali.

Cara mengatasi laptop tidak menyala setelah sleep

Cara atasi laptop tidak bisa hidup setelah sleep
  1. Jika laptop kamu menggunakan baterai external, batarai langsung bisa dicopot. Namun lebih baik gunakan cara ke dua ini:
  2. Untuk laptop taman atau baterai internal, bisa pencet lama pada power laptop sampai indikator laptop mati yang menandakan bahwa laptop benar-benar sudah dalam posisi off.
  3. Setelah laptop off, sekarang hidupkan lagi dengan menekan tombol power seperti biasa. Tunggu beberapa menit sampai laptop hidup lagi. pastikan daya baterai masih ada.

Laptop yang memiliki masalah tidak menyala setelah sleep biasanya akan teratasi setelah dimatikan. Pasalnya semua file yang error akan kembali normal setelah laptop dimatikan.

Artikel Terbaru  Tempat Service Laptop Jepara Terbaik dan Bergaransi

Penyebab laptop tidak menyala setelah sleep

Cara atasi laptop tidak bisa hidup setelah sleep

Berikut penyebab dan cara mengatasinya agar laptop tidak mati lagi setelah mode sleep lagi.

1. Bug (file system error)

Penyebab utama laptop tidak menyala setelah sleep yaitu adanya file system error (bug).

Banyak sekali penyebab adanya bug ini, bisa karena kita belum update windows, karena aplikasi, bahkan bisa juga karena antivirus yang ada di laptop kita.

Untuk mengatasinya, cukup mematikan laptop agar but atau file yang error dapat dinormalkan kembali seperti cara di atas tadi.

2. Cache terlalu banyak

Cache adalah data sementara yang tersimpan bada laptop.

Jika kita sering melakukan aktifitas seperti membuka aplikasi atau browsing di laptop, makan cache dan history akan cepat menumpuk.

Hal ini akan memberatkan memori dan menyebabkan laptop error seperti di atas.

Untuk mengatasinya, kita perlu membersihkan cache, hostory dan data lain yan tidak berguna secara berkala.

Gunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner.

3. Membuka aplikasi yang terlalu banyak (besar)

Membuka aplikasi yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan laptop tidak bisa masuk ke menu setelah mode sleep.

Membuka banyak aplikasi di laptop membutuhkan recousce memori yang banyak pula, jika pekerjaan melebihi recousce maksimum laptop bisanya laptop lag atau tidak bisa hidup setelah model sleep.

Jadi jika laptop memiliki spesifikasi yang kecil jangan terlalu banyak membuka aplikasi saat akan di sleep.

4. Memori penyimpanan yang terlalu penuh

Silahkan cek kapasitas memori penyimpanan laptop yang masih tersedia. Apakah Memori penyimpanan terlalu penuh juga mengakibatkan kinerja laptop menjadi lambat.

Hal ini dapat memicu terjadinya error tersebut. Selain itu, saat kita memuka file di drive C, loading menjadi sangat lama.

Artikel Terbaru  Biaya servis laptop rusak dan mati total [matot]

Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapa membeli memori penyimpanan baru atau menghapus file-file yang tidak penting.

5. Ram terlalu kecil

Selain penyimpanan yang penuh, memori ram yang terlalu kecil juga dapat mempengaruhi banyak hal. Selah satunya laptop tidak nyala setelah mode sleep.

Agar laptop lebih cepat dan tidak sering lag, silahkan upgrade ram ke lebih besar. Baca Cara melihat spesifikasi Laptop

6. Memori penyimpanan lemah (bad sector)

Memori penyimpanan (SSD/Hardisk) akan terasa lamat sealu saat digunakan dan hal ini juga dapat membuat laptop tidak mau masuk menu saat sleep.

Masalah lain akibat bad sector ini membuat laptop sering tiba-tiba berhenti atau windows explorer has stopped working dan juga terlalu lama saat akan menghidupkan laptop.

Jika memori penyimpanan lemah, segera ganti baru dan pindahkan fie, Karena jika sudah bad sector maka tidak lama hardisk akan rusak dan file tidak dapat dibuka.

Tentang mode sleep pada laptop

Cara atasi laptop tidak bisa hidup setelah sleep

Mode sleep adalah salah satu menu mematikan laptop, akan tetapai pada mode sleep ini masih dalam keadaan stand bay.

Ya, mode sleep pada laptop sebenarnya tidak membuat laptop bear-benar mati. Daya baterai tetap masuk ke hardisk atau SSD untuk namun tidak ke perangkat komponen lain seperti ram atau kipas sehingga laptop terlihat seperti off.

Bagi pengguna laptop yang cukup aktif, mode sleep ini sangat berguna dibandingkan mode shutdown.

Kita dapat membiarkan pekerjaan di laptop tetap terbua jika mematikan laptop dengan mode sleep, karena saat kita hidupkan laptop akan langsung dapat membuka pekerjaan kita sebelumnya tanpa melalui booting.

Hal ini dapat menghemat waktu karena tanpa menunggu lama dan mencari file yang tersimpan kia sudah dapat meneruskan pekerjaan sebelumnya.

Artikel Terbaru  5 tempat servis laptop Semarang terbaik

Itulah cara atasi laptop tidak bisa hidup setelah sleep. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *