Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

solve email not send in contact form

Email yang kita masukkan saat install WordPress pertama kali akan menjadi email utama yang dapat menerima pemberitahuan dan pesan yang dikirim melalui form website.

Kita bisa menggunakan semua jenis email baik yang berbayar maupun yang gratisan seperti Gmail atau yahoo. Normalnya semua pemberitahuan seperti instalasi WordPress, notifikasi blog yang kita setting kirim email atau pesan dari kontak form blog dapat langsung terkirim ke email utama tersebut.

Namun ada beberapa blog yang tidak bisa mengirim email pemberitahuan penting dan pesan ke email utama, biasanya ini pengaruh dari hosting yang kita gunakan.

Saya sendiri pernah mengalami semua pemberitahuan penting tidak bisa dikirim ke email Google. Dan pesan yang dikirim oleh orang lain melalui kontak form juga tidak sampai masuk ke email malah ada tulisan error seperti ini di bawah kontak form “There was an error trying to send your message. Please try again later”. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi There was an error trying to send your message. Please try again later di Kontak Form

Pesan error “There was an error trying to send your message. Please try again later” memberitahukan bahwa kita tidak dapat mengirimkan pesan melalui kontak form.

Hal ini bisa di sebabkan karena hosting yang kita gunakan atau ada beberapa kesalahan setting.

Untuk mengatasi masalah agar kontak form bisa terkirim kita harus menggunakan email hosting dari cpanel kemudian meneruskannya ke email gratisan seperti Gmail atau yahoo dengan sebuah plugin yang dinamakan SMTP.

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim ke email

Ikuti langkah berikut ini:

1. Install Plugin mail SMTP

Ada beberapa pengembang plugin mail SMTP yang tersedia di WordPress namun saya mengunakan plugin yang paling banyak digunakan saat ini yaitu WP Mail SMTP.

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

2. Membuat Email Hosting Melalui Cpanel

Setelah plugin sudah terpasang sekarang buat email dari cpanel

Masuk ke cpanel-email acunt-create – kemudian buat email sesuai nama kesukaanmu. Saya buat dengan nama admin sehingga emial menjadi admin@eldya.com seperti gambar berikut:

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

3. Setting Plugin Wp Mail SMTP

Setelah itu Setting Wp Mail SMTP dengan settingan seperti berikut ini:

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

Form email: Isikan email gmail kamu ex: fidi@gmail.com. Nantinya email ini bakal menerima forword dari email web yaitu admin@eldya.com

Form Name: Isikan terserah

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

Mailler: Other SMTP

SMTP Host: Pilih domain email kalian ex: eldya.com

Encryption: Pilih TLS

SMTP Port: 587 (biasanya sudah otomatis terisi)

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

Authentication: Pilih ON

SMTP Username: Isikan email Cpanel yang tadi kamu buat ex: admin@eldya.com

SMTP Password: Isikan password email cpanel yang tadi kamu buat

Setelah selesai dengan settingan seperti di atas jangan lupa Save Settings. Setelah itu masukkan emial cpanel yang tadi kamu buat ke Contact Form

4. Masukkan ke Contact Form

Masukkan email cpanel ke kontak form seperti di bawah ini dengan cara edit kontak form yang kamu buat.

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

Setelah semua langkah benar silahkan test dengan cara mengirim pesan dari kontak form.

Test Email contact form

Sekarang kita test, apakah email berfungsi dengan baik dengan cara Pilih WP Mail SMTP-Settings- Test Email – Send Emial.

Pastikan pada send To berisikan gmail kamu

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

Jika pengaturan benar sesuai di atas tadi maka kamu akan mendapatkan email di akun google kamu seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Pesan dari Contact Form yang Tidak Terkirim

Carai email dari WP mail SMTP, Jika tidak ada di emial utama silahkan cari di bagian update atau spam. Kalau belum ketemu silahkan tunggu maksimal 5 menit. Jika belum ada silahkan cek pengaturan dan kirim lagi sampai bisa mengirim email sperti di atas.

Jika akun email google kita bisa mengirim email seperti di atas berarti halaman contact form sudah bisa digunakan. Sekarang Kamu juga bisa test melalui langsung melalui halaman contact form di website.

Dengan cara ini berarti semua email yang masuk ke email cpanel yaitu admin@eldya.com akan di teruskan ke gmail yang di setting.

Fungsi Kontak Form

Kontak form halaman kontak memiliki fungsi vital dalam sebuah website atau blog. Fungsinya untuk menghubungi pemilik blog jika ada keperluan atau masalah tentang blog yang kita buat. Bisa berupa komplain masalah kah cipta, konten atau orang yang ingin bekerja sama dengan blog kita.

Adanya halaman kontak sendiri juga menjadi salah satu syarat wajib jika kita ingin mendaftarkan ke Adsense. Maka dari itu memang setiap blog yang bagus harus memiliki halaman kontak.

Sebenarnya tidak harus kontak form otomatis namun cukup membuat halaman kontak dan menapilkan kontak seperti email atau nomer telfon atau WA yang aktif juga sudah cukup. Namun agar blog atau website kita terlihat lebih profesional kita harus menggunakan plugin form seperti yang ada di blog saya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *